Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung



Belakangan ini banyak pendaki pemula yang hanya memiliki modal nekat saat mendaki gunung. Kebanyakan dari mereka tidak mempersiapkan perlengkapannya dengan baik hanya karena ketinggian gunung yang standar. Hal itu yang akhirnya menyebabkan pendaki mengalami penyakit-penyakit gunung seperti Hipotermia, Heat stroke, ASM, dan lain-lain.  Maka dari itu kalian harus memperhatikan beberapa hal berikut :

1.Mempersiapkan fisik dan mental
Jika biasanya kamu jarang olahraga, sebelum mendaki kamu diharuskan untuk melakukan olahraga minimal seminggu 2 kali. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah lari, berenang dan bersepeda. Tidak perlu langsung berat seperti gym yang penting kamu bisa konsisten agar nantinya saat mendaki tubuhmu tidak kaget. Selain itu kamu juga perlu mempersiapkan mental di mana mungkin nantinya kamu akan merasakan lelah yang luar biasa, teman yang egois, rasa ingin menyerah, dan lain sebaginya. Hal-hal tersebut sudah wajar dalam pendakian. Yang harus kamu terapkan adalah jika memang lelah, jangan terlalu dipaksakan, berhentilah sejenak, jangan karena gengsi untuk istirahat kamu malah merepotkan teman yang lainnya ya!

2. Mempersiakan barang bawaan
Hal ini penting karena menyangkut dengan keselamatan nyawamu. Ya! sepenting itu. Terlebih jika itu berhubungan dengan perlengkapan pribadi seperti jaket polar, sleeping bag, tas carrier, senter, bahkan obat-obatan. Jika kalian belummenyiapkan itu semua saat akan mendaki, mending kembali rebahan aja deh wkwk.

3. Pelajari medan dan segala hal mengenai gunung yang akan didaki
Selain persiapan fisik dan mental kamu juga harus mengetahui medan, ketinggian, bahkan cuaca di gunung yang akan didaki tersebut. Mengapa itu penting? karena hal tersebut dapat memudahkan kamu untuk beradaptasi. Setidaknya kamu tidak terlalu kaget saat nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pendakian.

4.Mencari teman pendakian yang berpengalaman
Untukmu pendakipemula, sangat wajib mencari teman mendaki yang sudah berpengalaman dalam bidangnya, atau minimal sudah pernah beberapa kali mendaki gunung tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari tersesat di jalur, penanganan penyakit gunung yang salah, dan lain sebagainya.

5. Manajemen packing
Hal terakhir yang penting adalah manajemen packing yang baik. Mengapa penting? karena hal tersebut berhubungan dengan kenyamananmu saat mendaki. Seberat apapun barang bawaanmu, jika manajemen packingmu baik maka tidak akan menyusahkan, saat digendong tidak mudah membuat punggung pegal. Selain itu juga jika ditata dengan baik dan rapi, maka akan memudahkan kamu untuk mengambilnya saat ditengah perjalanan diperlukan.


Itulah beberapa tips dasar dari saya yang bisa kalian gunakan untuk pendakian kalian. Selamat melakukan pendakian, jika kalian ingin pendakian lebih asyik, kalian bisa melakukan challenge namun mengedukasi dengan teman-teman kalian seperti yang ada di youtube chanel pertamat tv.Yang perlu kalian ingat saat mendaki adalah jangan ambil apapun kecuali gambar, jangan bunuh apapun kecuali waktu, dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak. SALAM LESTARI!


Komentar

Postingan Populer